Ketahui Fakta Tentang Tato Berikut Ini Sebelum Melakukannya

Harus Anda ketahui apa saja fakta tentang tato sebelum melakukannya karena tato juga memiliki risiko yang cukup berbahaya. Tato sendiri berarti lukisan di kulit tubuh. Tato kini telah menjadi seni dan sebagai media untuk mengekspresikan diri atau bisa juga untuk menunjukkan identitas diri atau kelompok.

Sebelumnya, tato selalu dipAndang sebagai hal yang tabu dan berbau negatif karena tato selalu identik digunakan oleh para preman, orang kriminal, atau pun geng motor. Namun, seiring perkembangan jaman orang-orang menjadi lebih berpikiran terbuka bahwa orang bertato tidak selamanya ‘orang jahat’.

Tato Memiliki Banyak Jenis

Fakta Tentang Tato Berikut Ini Sebelum Melakukannya
Jenis Tato

Fakta tentang tato pertama yang harus Anda ketahui adalah tato ini memiliki banyak jenisnya dan tidak sekedar lukisan yang ada di kulit tubuh. Jika Anda mengetahui tato sebagai gaya semata, ada jenis tato amatir artinya tato ini dibuat oleh yang bukan ahlinya atau seniman tato.

Peralatan yang digunakan pun masih seadanya. Prinsip tato amatir ini adalah dengan memasukkan pigmen atau tinta ke dalam kulit tubuh menggunakan jarum. Karena tato jenis ini banyak dilakukan oleh siapa saja maka sering kali alat yang digunakan pun tidak higienis sehingga risikonya pun lebih tinggi.

Jenis tato selanjutnya adalah tato budaya, yakni tato yang memiliki tujuan khusus seperti untuk acara ritual atau merupakan bentuk atau simbol dari kecantikan. Tato budaya ini bisa ditemui pada suku-suku tertentu yang menjadikan tato ini sebagai bagian dari tradisi sehingga selalu ada secara turun-temurun.

Fakta tentang tato dari jenis tato lainnya adalah tato profesional yang merupakan kebalikan dari tato amatir. Tato profesional ini dikerjakan oleh seniman tato san studio tato yang digunakan pun telah memegang sertifikasi higienis, sehingga alat-alat yang digunakan pun telah terjamin kebersihannya.

Ada pula tato kosmetik, yang digunakan sebagai make up permanen. Sebagai contohnya adalah untuk keperluan alis, lipstik, rambut palsu dan sebagainya. Jenis dari tato ini perlu dilakukan berulang untuk menjaga warnanya. Terakhir adalah tato medis yang digunakan dengan tujuan keperluan medis tertentu.

Risiko Bahaya Tato yang Bisa Jadi Menanti

Fakta Tentang Tato Berikut Ini Sebelum Melakukannya
Risiko Bahaya Tato

Fakta tentang tato yang satu ini sudah tidak bisa disangkal lagi. Tato pun memiliki risiko yang cukup berbahaya jika Anda tidak berhati-hati saat melakukannya. Paling banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena risiko dari tato adalah alat-alat yang digunakan ketika menato tidak steril.

Infeksi merupakan bahaya dari tato yang paling banyak terjadi. Penyebabnya adalah alat tato yang tidak bersih ini bisa menimbulkan infeksi akibat dari bakteri, jamur, maupun virus, seperti hepatitis C bahkan HIV. Tentu Anda bisa tertular HIV apabila jarum yang digunakan sebelumnya juga dipakai oleh penderita HIV.

Fakta Tentang Tato Berikut Ini Sebelum Melakukannya

Tak hanya dari jarum yang digunakan saat menato, infeksi juga bisa disebabkan dari tinta tato. Biasanya jika mengalami alergi, setelah menato kulit Anda akan muncul gejala berupa bengkak, berwarna merah, dan sakit atau mengering. Maka, jika hal tersebut terjadi segera hubungi dokter http://45.76.182.188 untuk penanganan tepat.

Lalu, dengan reaksi alergi yang juga diakibatkan oleh tinta tato. Pewarna atau logam yang ada pada tinta tersebut dapat melukai jaringan Anda. Sehingga nantinya akan menyebabkan ruam dan bengkak pada kulit. Hal ini pun akan berakibat lagi pada sulitnya pemeriksaan kulit ketika terjadi masalah kulit.

Dari kegiatan menggambar sesuatu di kulit Anda ternyata bisa membawa bahaya yang sangat mengerikan seperti penyakit HIV dan hal tersebut datangnya dari jarum yang tidak steril. Tidak ada masalah jika Anda tetap menginginkan untuk memiliki tato selama Anda paham tentang fakta tentang tato.

Related Posts

Leave a comment

Hey, so you decided to leave a comment! That's great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published.